Saturday, January 17, 2015

Jadwal Bersih-Bersih Keluarga

Pembelajaran yang paling baik kepada setiap individu adalah dimulai dari keluarga, sehingga untuk menanmkan perilaku yang baik kepada generasi penerus juga berawal dari keluarga. Oleh karena itu keluarga harus dioptimalkan untuk menciptakan buadaya dan perilaku yang baik bagi masyarakat kita.
Sumber :Tribunnws.com
Berkaitan dengan hal itu, kepedulian terhadap kebersihan lingkungan juga harus dimulai dan dilatih pada komunitas terkecil dari masyarakat tersebut. Budaya bersih-bersih rumah bagi sebagain besar masyarakat kita masih menjadi tanggung jawab ibu dan mungkin pembantu rumah tangga, sedangkan tanggung jawab untuk menciptakan dan menjaga lingkungan bersih ini masih minim sekali dilakukan oleh keseluruhan elemen dalam keluarga. Alangkah lebih baiknya ketika dibuatkan suatu penjadwalan bersih-bersih bagi semua orang yang berada dalam keluarga dengan tentu saja mempertimbangkan batasan-batasan tertentu seperti misalnya kakek dan nenek ataupun kerabat yang sudah berusia lanjut tidak dilibatkan. Hal ini selain tentu saja memperkuat keakraban di dalam keluarga juga memberikan pengajaran kepada anak-anak tentang kepedulian dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya. Kebiasaaan yang sudah dilakukan sejak kecil akan melekat sebagai sebuah perilaku ketika menjadi dewasa.

Dengan demikian tanggung jawab penjagaan kebersihan lingkungan bisa terus ditingkatkan karena masyarakat memiliki kesadaran masing-masing tanpa harus ditegur dan diingatkan terus-menerus. Menjaga kebersihan akan menjadi sebuah perilaku bagi masing-masing individu di dalam masyarakat. Akhirnya lingkungan yang bersih pula akan memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan masyarakat secara keseluruhan, apalagi dengan kondisi cuaca yang sedang dalam masa musim penghujan seperti saat ini. 

Semoga bermanfaat. Salam sahabat IDe..!!!
Posted By : AGIL SEPTIYAN HABIB

1 comment:

  1. Nice post gan.....

    anyway main-main juga yaa ke web saya :)

    http://www.diahsally.com/2016/10/5-hal-yang-wajib-dilakukan-agar-buku.html

    salam kenal hehe

    ReplyDelete