Sunday, August 9, 2015

Layanan Konsultasi Kemiskinan

Masih adanya kasus bunuh diri disertai pembunuhan terhadap anak dengan latar belakang kondisi ekonomi sebenarnya adalah kondisi yang sangat memprihatinkan. Deraan kemiskinan menjadikan sebagian masyarakat kita seperti berputus asa dalam menjalani kehidupan, dan sepertinya masih banyak kondisi serupa yang berpotensi besar untuk terjadi di masa mendatang. Sehingga pemerintah memiliki tanggung jawab besar untuk menanggulangi hal ini. Namun setidaknya ada solusi konkrit yang bisa segera direalisasikan untuk memberikan penguatan mental kepada masyarakat miskin berkaitan dengan kondisinya. Yaitu dengan membuka layanan konsultasi untuk masyarakat miskin secara gratis. Layanan konsultasi ini berfungsi layaknya tempat curhat untuk masyarakat miskin dalam mengutarakan segala apa yang dirasakannya.
Sumber : economy.okezone.com
Dengan adanya lembaga konsultasi ini diharapkan bisa menghindarkan masyarakat ekonomi lemah dari jeratan rasa frustasi pada kondisinya agar tidak berujung pada upaya bunuh diri. Tentunya hal ini adalah solusi sementara, dan pemerintah harus berupaya semaksimal mungkin untuk mengentaskan masyarakatnya dari kemiskinan.

Layanan konsultasi kemiskinan harus ditempatkan di wilayah-wilayah yang masyarakatnya sebagian besar masih berada dalam lingkup ekonomi lemah. Sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat miskin yang ingin melakukan konsultasi. Layanan konsultasi ini bisa berfungsi untuk memberikan semangat, menyikapi kondisi dalam perekonomian yang pas-pasan, dan mungkin memberikan ide-ide kepada masyarakat tentang potensi untuk mendapatkan sumber penghasilan tambahan. Layanan ini sebenarnya tidak hanya sebatas dikelola oleh pemerintah saja, akan tetapi mahasiswa ataupun kalangan lain bisa berperan serta untuk menjadi pengelola layanan konsultasi kemiskinan ini.

Peran serta dan kepedulian dalam memberikan dukungan moril kepada masyarakat miskin adalah wujud nyata dari upaya perbaikan taraf hidup ke arah lebih baik.  

Semoga bermanfaat. 

Salam sahabat ide..!!!

Posted By : AGIL SEPTIYAN HABIB

No comments:

Post a Comment