Saturday, July 11, 2015

Kalibrasi Al-Qur`an Digital

Beberapa waktu yang lalu saya menemui sebuah laman facebook yang menyinggung masalah  adanya kesalahan penulisan dari ayat Al-Qur’an pada ayat tertentu. Apabila hal ini memang ternjadi, entah disengaja ataupun tidak tentunya hal ini menjadi suatu permasalahan yang serius. Bagaimanapun juga Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam dan menjadi dasar dari semua hukum. Perbedaan dalam redaksional tentunya akan memunculkan makna yang berbeda, sehingga menjadi penting kiranya supaya hal ini bisa segera ditemukan penyelesaiannya.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kementrian Agama tentunya menjadi barisan pertama yang perlu proaktif dalam menyikapi hal ini. Selain tentunya adanya daya dukung dari masyarakat atau umat Islam pada khususnya. Pada zaman yang tidak bisa dilepaskan dari teknologi seperti sekkarang ini, tentunya bukan menjadi hal yang sulit dari para pakar dunia teknologi informasi untuk memberikan daya dukung dalam penyikapan dan penyelesaian masalah ini. Ibarat produksi suatu produk di perusahaan manufaktur yang sudah menerapkan otomasi dalam proses produksinya, tentunya akan dengan mudah menemukan produk-produk yang out of spec untuk kemudian di-reject dari line produksi dan terpisahkan dari kumpulan produk-produk yang baik dan memenuhi spesifikasi. Begitu juga kiranya dengan kondisi penyebaran Al-Qur’an digital. Sudah semestinyalah Al-Qur’an dalam format digital yang beredar di masyarakat melalui internet adalah Al-Qur’an yang memang sudah benar-benar sesuai dengan Al-Qur’an yang asli. Oleh karenanya diperukan adanya sebuah sistem yang mempu mendeteksi antara tulisan pada Al-Qur’an digital yang beredar di masyarakat dengan Al-Qur’an standard yang ada.
Sebuah sistem yang mana masyarakat sekiranya bisa melakukan kroscek terhadap Al-Qur’an digital yang dimiikinya. Apakah memang sudah sesuai dengan yang asli atau tidak. Diharapkan nantinya Al-Qur’an digital yang beredar dan dibaca oleh umat muslim Indonesia adalah benar-benar Al-Qur’an dalam bentuk sesuai yang aslinya.

Semoga bermanfaat.

Posted By : AGIL SEPTIYAN HABIB

No comments:

Post a Comment