Saturday, December 27, 2014

Bisnis Rumah Singgah

Selamat Sore, Sahabat IDe..!!! 

Dalam kesempatan ini kami ingin berbagi ide tentang sebuah bisnis yang mungkin bisa sahabat implementasikan sebagai kegiatan wirausaha Anda. Ide bisnis ini sebenarnya sudah cukup lama ada, yaitu ketika masih dalam masa perkuliahan sebagai suatu project tugas besar mata kuliah. Ide bisnis ini sebenarnya sangat ingin kami jalankan, namun apadaya banyak kendala sehingga sulit merealisasikannya.

Melalui blog ini kami ingin berbagi ide bisnis ini supaya konsep bisnis yang kami miiki ini nantinya tidak menjadi buah pemikiran yang sia-sia saja. Kami sangat berharap ada salah satu atau bahkan lebih dari sahabat IDe yang berkenan merealisasikan bisnis ini. Kami memberi nama ide bisnis kami dengan sebutan Rumah Singgah, karena konsep dari bisnis ini yaitu berhubungan dengan tempat tinggal, khususnya kos-kosan atau rumah kontrakan.

Ide bisnis ini lahir dari kegelisahan kami ketika dahulu masih menjadi mahasiswa baru di sebuah perguruan tinggi dan jauh dari tempat asal, atau istilah kerennya ada di perantauan. Bagi siapapun yang merantau dari daerah asalnya, untuk menempuh pendidikan ataupun bekerja hal pertama yang akan dicari adalah tempat tinggal, kontrakan, kos-kosan. Tentang bagaimana sekiranya tubuh bisa beristirahat.

Untuk sebagian orang yang memiliki kenalan di daerah tujuan mungkin akan lebih mudah dalam mendapatkan tempat untuk tinggal, namun bagi yang samasekali awam tentunya akan cukup menyulitkan. Terkait bagaimana mereka akan mencari tempat tinggal kos-kosan ataupun kontrakan yang cocok untuk mereka. Cocok dalam lokasi, kondisi lingkungan, harga, fasilitas, hingga hal-hal yang lainnya. Mungkin ada yang mendapatkan lokasi yang cocok namun harga kurang sesuai, ada yang mendapatkan harga terjangkau dan lokasi strategis namun kondisi lingkungan tidak mendukung, dan masih banyak yang lainnya. Singkat kata setiap orang memiliki kriterianya masing-masing dalam memperoleh tempat tinggal.

Kondisi ini menurut kami adalah sebuah peluang yang seharusnya bisa kita manfaatkan sebagai sebuah ide bisnis. Bisnis rumah singgah. Konsepnya sederhana, kita menjadi fasilitator mencarikan tempat tinggal kos-kosan ataupun kontrakan bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan. Baik itu pelajar sekolah, mahasiswa, hingga karyawan. Mereka semua adalah konsumen kita yang menjadi obyek pelayanan bisnis rumah singgah ini.

Konsumen yang membutuhkan tempat tinggal berupa kos-kosan atau kontrakan akan menyampaikan kriteria dari tempat tinggal yang mereka inginkan kepada kita. Sedangkan tugas kita adalah mencarikan mereka tempat tinggal yang sesuai dengan apa yang mereka minta. Ibaratnya kita menjadi makelar untuk mencarikan tempat tinggal yang cocok. Selain itu, kita juga bisa bekerja sama dengan para pemilik kos atau kontrakan untuk mempromosikan kos-kosan atau kontrakan mereka kepada konsumen. Promosi bisa dengan banyak hal yang menurut kita paling progresif untuk menjaring konsumen.

Akan lebih baik lagi apabila kita sudah bisa memiliki database dari beragam jenis kos-kosan dan kontrakan, baik dalam hal lokasi, harga, hingga detail-detail lain yang dirasa perlu diinformasikan kepada konsumen kita. Dengan begitu ketika konsumen menemui kita untuk mendapatkan tempat tinggal yang cocok, kita bisa langsung menyodorkan kos-kosan atau kontrakan mana yang potensial.

Dalam bisnis ini ada tiga potensi income yang bisa kita peroleh. Pertama, fee dari konsumen yang minta dicarikan tempat tinggal. Kedua, fee dari pemilik kos atau kontrakan yang bekerja sama dengan kita. Ketiga, fee dari menjual informasi tempat tinggal dari database yang kita miliki kepada konsumen. 
Bisnis ini kami rasa sangatlah sederhana untuk dilakukan. Pada awalnya mungkin kita cukup menjadi makelar atau memberikan jasa layanan mencarikan tempat tinggal bagi konsumen kita. Sambil bertahap kita bisa terus berkembang dalam mengumpulkan database dari tempat kos-kosan atau kontrakan yang ada.  

Semoga ide ini bermanfaat bagi sahabat sekalian. Jika mungkin ada diantara sahabat yang ingin tahu terkait detail dari konsep bisnis ini bisa menghubungi kami via email. Terimakasih.

Salam Sahabat IDe..!!!
Posted By : AGIL SEPTIYAN HABIB

2 comments: