Sunday, January 4, 2015

Fasilitas Permainan Rakyat untuk Anak-Anak

Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya zaman, permainan-permainan tradisional atau permainan-permainan rakyat semakin jarang ditemui dalam komunitas anak-anak yang berada di suatu daerah tertentu. Hal ini mungkin disebabkan oleh semakin pesatnya perkembangan permainan modern dan juga perkembangan teknologi yang memunculkan video games, internet, playstation, dan beberapa jenis mainan lain yang menyebabkan semakin berkurangnya minat anak-anak sekarang untuk bermain dengan permainan-permainan tradisional seperti bentengan, bola kasti, engkle, dan masih banyak lagi permainan lain yang semakin hari semakin tidak diminati. Apabila hal ini terus dibiarkan, maka permainan-permainan ini akan terancam punah dan tidak bisa lagi dinikmati oleh generasi berikut. Padahal dalam permainan-permainan tradisional ini memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu melatih ketangkasan dari anak-anak.
Sumber : balirc.com
Menurut saya pribadi, anak-anak saat ini tidak bisa menikmati indahnya masa kecil mereka seperti halnya dahulu ketika saya masih kecil. Salah satu penyebabnya yaitu karena semakin hilangnya kesempatan bermain dengan permainan-permainan tradisional dan meningkatnya permainan-permainan modern. Oleh karena itu hal ini hendaknya ditindaklanjuti dengan memberikan fasilitas permainan tradisional kepada anak-anak, baik dengan menyediakan lahan kosong untuk tempat mereka bermain dan membuatkan sanggar khusus sebagai tempat untuk berkumpul, mengenal, dan bermain dengan permainan-permainan tradisonal. Dengan demikian minat anak-anak kita dapat terus terjaga untuk bisa melestarikan beragamnya budaya bangsa Indonesia khususnya permainan tradisional.

Sungguh ironis apabila permainan-permainan yang telah menjadi bagain dari sejarah bangsa ini harus hilang dan musnah akibat ditinggalkan oleh generasi muda kita. Mengingat bahwa negeri ini sangat kaya akan kebudayaan.

Salam sahabat IDe..!!!

Posted By : AGIL SEPTIYAN HABIB

No comments:

Post a Comment