Saturday, January 3, 2015

Update Status dengan Bahasa Sesuai EYD

Selamat Sore, Sahabat IDe..!!!

Selamat bersua kembali. Dalam kesempatan ini kami ingin sedikit mengkritisi kebisaan kita sendiri yang tanpa kita sadari sebenarnya ikut berperan serta dalam kemerosotan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Tentunya dalam masa seperti sekarang ini kita tidak asing lagi dengan media sosial seperti facebook, twitter, whats app, dan jejaring sosial yang lain. Tentunya juga kita sudah sangat sering dalam menuliskan sesuatu dalam laman jejaring sosial terkait dengan suatu hal atau perisitiwa. Apakah kita tidak pernah menyadari betapa sesungguhnya kita sudah seringkali menggunakan bahasa-bahasa alay dan tidak memperdulikan kaidah bahasa yang baik dan benar?? Kami rasa tidak peru kiranya kami menyampaikan contoh tulisan-tulisan yang kami maksud tersebut, karena pasti sudah banyak yang tahu tentang hal itu.
Sumber : endralive.wordpress.com
Fenomena penggunaan social media seperti facebook dan twitter semakin mempopulerkan penggunaan ejaan-ejaan Bahasa Indonesia yang tidak sesuai dengan kaidah EYD (Ejaan Yang Disepurnakan). Penulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar menjadi semakin terlupakan. Kondisi demikian dikhawatirkan memberikan pengaruh buruk untuk kalangan muda negeri ini. Mengingat pengguna social media saat ini banyak yang berasal dari kalangan muda.

Penggunaan bahasa tidak standar atau tidak sesuai EYD dalam menuliskan update status seperti percampuran angka dan huruf, huruf besar dan huruf kecil, dan lain sebaginya yang dipergunakan secara terus-menerus berpotensi menjadi kebiasaan yang terus menular dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya ketika menuliskan SMS atau pesan singkat, secara tidak sadar akan menggunakan kata-kata alay yang bisa jadi hal tersebut tidak pantas dilakukan. Yaitu ketika mengirimkan pesan singkat kepada atasan atau kepada dosen pengajar.

Kekayaan kita berupa Bahasa Indonesia seharusnya menjadi sesuatu hal yang dilestarikan, salah satunya yaitu dengan menuliskan update status sesuai dengan ejaan yang berlaku. Tentu dengan membuat susunan kata yang ringan dan mudah dipahami. Penggunaan tulisan yang sesuai EYD tidak selalu mengesankan kita ketinggalan zaman dan tidak bisa membaur dengan banyak kalangan, akan tetapi itu justru menjadi bentuk kecintaan kita pada Bahasa Indonesia.

Menjadi generasi yang melek teknologi dengan aktif pada aktivitas social media saya rasa memang perlu untuk dilakukan. Namun tetap harus menjaga kelestarian penggunaan Bahasa Indonesia yang sesuai kaidah EYD. Gaul namun tetap elegan dalam membaur melalui update status di social media.

Semoga bermanfaat. Salam sahabat IDe..!!!   
Posted By : AGIL SEPTIYAN HABIB

No comments:

Post a Comment