Saturday, January 10, 2015

Publikasi Anggota Dewan Pembolos

Pemberitaan mengenai perilaku anggota dewan yang sering bolos dari tugasnya sebagai wakil rakyat tentu menjadi suatu hal yang sangat mengecewakan sekaligus memalukan. Mereka telah dipilih dan diberikan amanah oleh rakyat pemilihnya dengan harapan bisa menjalankan tugasnya dengan sebaik mungkin. Akan tetapi kinerja yang mereka tunjukkan sangatlah buruk dan seringkali membolos dari tugas-tugasnya seperti misalnya pada saat sidang paripurna. Hal ini terjadi tidak hanya berlaku pada wakil rakyat pada tingkat tertinggi, namun juga sampai kalangan terbawah. Sungguh merupakan sebuah ironi.
Sumber : samueledward.blogdetik.com
Masyarakat sebagai pemilih tentu memiliki hak penuh untuk mengetahui seberapa baik kinerja yang diberikan oleh para wakilnya. Namun pada saat itu hal itu masih belum optimal terjadi. Para anggota dewan yang membolos atau tidak hadir untuk menjalankan tugas-tugasnya seharusnya ditindak agar memberikan efek jera. Salah satunya dengan mempublikasikan foto, nama, serta alasan ketidakhadiran mereka dalam menjalankan tugas. Publikasi bisa dilakukan melalui media cetak maupun elektronik, sehingga masyarakat bisa mengetahui siapa-siapa saja para wakilnya yang berperilaku tidak sepatutnya. Dengan demikian masyarakat akan tahu dan bisa memberikan sikapnya terkait siapa yang benar-benar layak untuk mereka pilih dan mana yang tidak. Publikasi ini seharusnya dilakukan secara berkesinambungan agar para wakil rakyat bisa mawas diri dan malu dengan perilaku negatif mereka.

Langkah seperti ini bisa berjalan dengan baik apabila didukung oleh semua pihak, terutama oleh kalangan media yang memegang peranan terpenting dalam menciptakan tatanan negara demokratis yang produktif. 

Salam sahabat IDe..!!!

Posted By : AGIL SEPTIYAN HABIB

No comments:

Post a Comment